PENGENALAN MICROSOFT WORD

MICROSOFT OFFICE WORD

  1. I. PENGANTAR  PENGGUNAAN  MICROSOFT WORD

Microsoft Word adalah sebuah program pengolah kata ( Word Processor ) yang dibuat oleh Microsoft Corporation. Selain pengolah kata Microsoft Word, juga terdapat banyak program pengolah kata lainnya, antara lain WordStar, Word Perfect, dan Chiwriter. Program pengolah kata Microsoft Word ini menjadi sangat popular karena memberikan fasilitas – fasilitas yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan program pengolah kata lainnya.

Program pengolah kata Microsoft Word telah mengeluarkan versi 1.0 sampai 6.0 untuk versi DOS. Artinya, program ini bekerja pada sistem DOS. Kemudian, seiring dengan kemajuan perusahaan pembuatnya, Microsoft Corporation telah mengeluarkan 12 versi Microsoft Word, yaitu versi ’95, ’97, 2000, 2002, 2003, dan 2007 untuk versi Windows. Microsoft Word 2007 dikeluarkan untuk kalangan bisnis pada tanggal 30 November 2006 dan akan dipasarkan lebih luas pada tahun 2007. Oleh karena itu, Microsoft Word 2003 atau versi 11.0  merupakan program aplikasi pengolah kata yang terbaru dan tercanggih saat ini.

Kemunculan versi terbaru ini bertujuan agar program aplikasi word processor ( pengolah kata ) ini lebih mudah digunakan dan dapat memanfaatkan  semua fasilitas yang ada pada sistem jaringan baik internet maupun intranet.

Dalam makalah ini, kita akan mengkhususkan membahas Microsoft Word 2003. Pada dasarnya perintah pada Microsoft Word 2003 dapat juga digunakan untuk versi lainnya karena perintah – perintahnya tidak jauh berbeda. Akan tetapi, dalam hal – hal tertentu terdapat perbedaan, yaitu karena Word 2003 lebih lengkap dari versi – versi sebelumnya. Secara lebih spesifik, Microsoft Word berguna dalam hal membuat surat, laporan, naskah, brosur dan lain – lainnya

  1. II. Mengaktifkan Program Pengolah Kata Microsoft Word

Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word  2003 dengan menggunakan langkah berikut :

  1. Aktifkan komputer dengan menekan tombol Power pada CPU dan tombol Power pada monitor, tunggu sampai komputer menampilkan area kerja (desktop) Windows
  2. Klik tombol Start yang ada di taskbar
  3. Pilih menu Program
  4. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
  5. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan
  1. III. MENGEDIT DOKUMEN MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD

©      Memilih dan Menyorot Teks

Jika kita hendak mengedit atau mengatur format tampilan teks tertentu, kita harus memilih (menyorot) teks tersebut terlebih dahulu. Kita dapat memilih (menyorot) teks dengan menggunakan mouse, keyboard, atau kombinasi keduanya tergantung dari banyaknya teks yang kita pilih.

Memilih ( menyorot ) teks menggunakan mouse :

Perintah

Keterangan
Memilih satu kata Klik dua kali pada kata yang kita pilih
Memilih satu kalimat Sambil menekan tombol Ctrl, klik kalimat yang akan kita pilih
Memilih satu paragraf Klik tiga kali pada paragraf yang akan kita pilih, atau tempatkan penunjuk mouse pada selection bar sampai keluar tanda panah kemudian klik dua kali. Selection bar adalah daerah kosong di kiri daerah pengetikan teks
Memilih satu atau beberapa baris teks Klik pada selection bar dari baris yang akan dipilih. Geser (drag) pada selection bar untuk memilih beberapa baris
Memilih seluruh dokumen Sambil menekan tombol Ctrl, klik selection bar, atau klik tiga kali pada selection bar
Melepaskan pilihan Klik di sembarang tempat di dalam jendela dokumen

Memilih ( menyorot ) teks menggunakan keyboard :

Perintah Keterangan

Memilih teks Tempatkan titik sisip pada posisi awal teks. Sambil menekan tombol Shift, tekan tombol panah meleawti teks akan kita pilih
Memilih teks sampai akhir baris Tempatkan titik sisip pada posisi awal teks yang akan kita pilih, kemudian tekan tombol Shift+End
Memilih teks sampai awal baris Tempatkan titik sisip diposisi akhir teks yang akan kita pilih, kemudian tekan tombol Shift+Home
Melepaskan pilihan Tekan salah satu tombol panah

©      Menghapus Teks

Untuk menghapus teks tertentu, ikuti langkah berikut :

  1. Ketiklah naskah, lalu sorot teks yang akan dihapus
  2. Pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Del

Gambar a menandai teks yang akan dihapus, tampilan teks setelah paragraf 1 dihapus

©      Memindahkan Teks

Untuk memindahkan teks yang dipilih (sorot) ke lokasi yangbaru, ikuti langkah berikut

  1. Sorot teks yang akan dipindahkan
  2. Pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X) atau tekan tombol toolbar Cut
  3. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru diposisi paragraf 1
  4. Pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V) atau tekan tombol toolbar

©      Menyalin Teks

Untuk menyalin teks yang kita pilih (sorot) ke lokasi lain, ikuti langkah berikut :

  1. Ketiklah naskah
  2. Pilih dan klik menu Edit, Copy (Ctrl+C) atau tekan tombol toolbar Copy
  3. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru dibawah paragraf 2
  4. Pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V) atau tekan tombol toolbar Paste
Ikon Perintah Keterangan
Copy Menyalin teks yang kita pilih (sorot) ke Clipboard
Cut Memindahkan teks yang kita pilih (sorot) ke Clipboard
Paste Mengambil teks yang ada di clipboard dan menempatkannya di posisi titik sisp sekarang berada

MEMBETULKAN NASKAH ATAU FILE

Pada suatu saat, mungkin perlu kita menyunting ( mengedit ) isi dokumen agar sesuai dengan kebutuhan. Ketika proses pengetikan sedang berlangsungm kita dapat menggunakan beberapa tombol berikut untuk mengedit teks yang sedang kita ketik.

  • Untuk menghapus satu karakter dikiri kursor, gunakan tombol Backspace.
  • Untuk menghapus satu karakter di kanan kursor, gunakan tombol Del
  • Untuk menghapus teks yang baru saja kita ketik, pilih menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol toolbar Undo
  • Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru kita ketik, pilih menu Edit, Redo Typing (Ctrl+Y) atau klik tombol toolbar Redo
  • Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, gunakan tombol Shift+Enter. Dengan langkah ini, Word akan menyisipkan line-break character (karakter pemisah baris)
  • Untuk mengaktifkan modus tindih (timpa), klik dua kali indicator OVR yang ada pada baris status (status bar) atau gunakan tombol Insert pada keyboard. Pada modus tindih (timpa), teks yang dimasukkan akan mengganti teks yang telah ada.
  1. IV. MENYIMPAN FILE

Setelah selesai bekerja, kita dapat menyimpan naskah didalam disket, flash disk, CD atau hard disk. Kita dapat menyimpan dokumen dengan mengikuti langkah berikut :

  1. Pilih dan klik menu File, Save atau klik tombol toolbat Save. Kotak dialog Save As akan ditampilkan
  2. Pada tombol daftar pilihan Save in, pilih drive, dan folder tempat file akan disimpan
  3. Pada kotak isian File name, ketik TEKNOLOGI.COM ( nama file yang kita inginkan ).
  4. Klik tombol perintah Save

Pada saat kita menggunakan kotak dialog Save As, tombol toolbar berikut dapat kita gunakan :

Ikon Keterangan
Kembali ke pemilihan drive atau pemilihan folder sebelumnya
Naik satu level ke level folder diatasnya
Membuka web browser yang terpasang pada komputer
Menghapus file sedang dipilih
Membentuk atau membuat folder baru
Mengatur tampilan isi drive atau folder menurut aturan tertentu
Mengelola file seperti menghapus, mengganti nama, memberi password, dan lain – lain

Untuk menyimpan dokumen yang pernah kita simpan dengan menggunakan nama yang sama, pilih menu File, Save atau klik tombol toolbar Save.

Untuk menyimpan dokumen yang pernah kita simpan dengan nama lain, pilih dan klik menu File, Save As, kemudian ikuti langkah yang sama dengan langkah untuk menyimpan dokumen baru

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: